Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kunjungan Papua Football Academy ke Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia, Rasakan Sensasi Ketinggian yang Bikin Lionel Messi Tak Berkutik

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 22 Oktober 2024 | 23:20 WIB
Sebagian staf dan pelatih Papua Football Academy bersama media melakukan kunjungan ke Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia, Selasa (22/10/2024). (PT FREEPORT INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Difasilitasi oleh PT Freeport Indonesia, Papua Football Academy melakukan kunjungan ke Tembagapura dan Tambang Grasberg.

Siswa-siswa Papua Football Academi (PFA) datang ke Tembagapura dari Mimika pada Senin (21/10/2024) malam waktu setempat.

Keesokan harinya, anak-anak PFA yang dipimpin oleh pelatih kepala Ardiles Rumbiak dan Direktur Teknik Wolfgang Pikal melakukan coaching clinic dehgan para pelajar sekolah setempat.

Latihan bersama itu dilakukan di Lapangan Sepak Bola Tembagapura yang berketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Kami ingin anak-anak bisa menyesuaikan diri dengan cuaca terutama dengan kondisi dataran tinggi dengan O2 yang semakin menipis," kata Ardiles.

"Supaya mereka terbiasa, siapa tahu di kemudian hari ada yang bermain di luar negeri."

"Kalau sudah terbiasa berlatih atau bermain di dataran tinggi, ketika turun lagi ke dataran rendah, stamina anak-anak sudah menjadi lebih kuat dan bisa berbuat lebih dari kemampuan mereka."

Pada Senin sore, sebagian staf dan pelatih PFA serta sejumlah media termasuk Bolasport.com melanjutkan kunjungan ke Tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia.

Tambang itu terletak di ketinggian 4.285 mdpl.

Dari sisi olahraga, lokasi Tambang Grasberg ini menyajikan sensasi tersendiri.