Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liga Voli Korea - Jelang Hadapi Megawati bersama Red Sparks yang Sedang Melonjak, Tim Peringkat Paling Buncit Tak Mau Jadi Pecundang

By Delia Mustikasari - Rabu, 23 Oktober 2024 | 16:45 WIB
Pelatih Gwangju AI Pepper Savings Bank, Chang So-yeon, saat mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan kontra Suwon Hyundai E&C Hillstate di fase grup KOVO Cup 2024 di Tongyeong, Korea Selatan, 29 September 2024. (KOVO.CO.KR)

BOLASPORT.COM - Tim bola voli putri, Gwangju AI Pepper Savings Bank, memenangi laga pembuka mereka pada Liga Voli Korea 2024-2025 sejak pertama kali didirikan.

Bertandang ke markas Gimcheon Korea Expressway Hi-Pass, Pepper yang menjadi tim dengan peringkat paling buncit pada Liga Voli Korea musim lalu itu meraih kemenangan tiga set langsung.

Mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 25-17, 25-22, 25-14 pada laga yang digelar di Gimcheon Gymnasium, Korea Selatan, Selasa (22/10/2024).

Hasil ini menjadi kemenangan bersejarah bagi AI Peppers karena mengakhiri catatan buruk setelah selalu kalah pada pertandingan pertama mereka pada Liga Voli Korea.

Pepper adalah tim voli putri termuda yang didirikan pada 2021 dan menduduki peringkat terakhir selama tiga musim berturut-turut.

Mereka hanya meraih 3 kemenangan pada musim 2021-2022 yang menjadi musim pertamanya, dan 5 kemenangan pada musim 2022-2023.

Bahkan pada musim 2023-2024, di mana pelatih kepala asing Joe Tringe ditunjuk dan striker sayap tim nasional Park Jeong-ah direkrut, tim hanya berhasil meraih 5 kemenangan.

Menjelang musim keempat dalam keikutsertaan mereka pada Liga Voli Korea, Pepper mencari perubahan dengan mempercayakan tongkat estafet kepada pelatih Chang So-yeon yang merupakan mantan middle blocker dan pernah memperkuat Red Sparks.

Baik dalam draft pemain asing maupun kuarter Asia, ia menerima pilihan pertama dan memanfaatkan tinggi badan dengan menunjuk outside hitter asal Serbia, Varvara Jabi (191 cm) dan middle blocker asal China, Jang Wi (197 cm).

Tinggi badan pemain asing mereka adalah kekuatan pendorong di belakang Pepper untuk tampil cemerlang.