Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tahun Ketiga Operasional, Papua Football Academy Kembangkan Sayap Lewat Kerja Sama dengan Akademi Luar Negeri

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 24 Oktober 2024 | 00:34 WIB
Claus Wamafma (bertopi biru), di tengah siswa-siswa Papua Football Academy, Rabu (23/10/2024) di Tembagapura, Papua. (PAPUA FOOTBALL ACADEMY)

BOLASPORT.COM - Dengan usianya kini memasuki tahun ketiga, Papua Football Academy membuka kemungkinan bekerja sama dengan akademi sepak bola elite di Eropa.

Berdiri pada 31 Agustus 2022, Papua Football Academy (PFA) kini sudah mulai membina siswa-siswa angkatan ketiga.

Lulusan angkatan pertama PFA sekarang sudah tersalurkan ke sejumlah Elite Pro Academy klub Liga 1 dan akademi di Jawa.

Mimpi besar tentu muncul dari perkembangan positif ini.

Salah satu impian itu adalah jalan yang terbuka bagi siswa PFA untuk direkrut klub-klub luar negeri.

Claus Wamafma, Direktur & Executive Vice President Sustainable Development PT Freeport Indonesia yang memberikan dukungan penuh pada PFA, mengungkapkan impian ini.

"Memasuki tahun ketiga operasional PFA, sudah ada kerja sama yang terjalin dengan akademi di Asia seperti di Korea Selatan dengan Kwangdong Football Academy," begitu respons tertulis Claus terhadap pertanyaan Bolasport.com soal kemungkinan PFA bekerja sama dengan akademi sepak bola elite di Eropa lewat jaringan internasional yang kuat dari PT Freeport Indonesia (PT FI).

*Ini tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun mendatang PFA siap untuk mengembangkan sayapnya ke akademi elite di Eropa."

Dalam kesempatan terpisah saat bertemu langsung dengan media termasuk Bolasport.com di Tembagapura pada Rabu (23/10/2024), Claus Wamafma memberikan jawaban lebih lanjut.

"Saya menyukai ide ada kerja sama antara PFA dan akademi Eropa," ujar Claus.