Olimpiade Tokyo 2020 - Tuan Rumah Ukir Sejarah, Kawinkan Emas Street Skateboarding pada Debut Penyelenggaraan

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 27 Juli 2021 | 08:05 WIB
Skater putri Jepang, Momiji Nishiya, melakukan selebrasi usai berhasil menyelesaikan trick pada babak final street skateboarding Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Sports Park Skateboarding, Senin (26/7/2021). (TWITTER/@TOKYO2020)

BOLASPORT.COM - Kontingen tuan rumah wajib berbangga diri setelah dua atlet skateboarding mereka, Yuto Horigome dan Momiji Nishiya, berhasil mengawinkan medali emas dalam debut penyelenggaraan cabang olahraga tersebut pada Olimpiade Tokyo 2020.

Turun pada nomor street yang digelar di Ariake Sports Park Skateboarding pada 25-26 Juli kemarin, Yuto Horigome dan Momiji Nishiya tampil memukau dengan trik-trik skateboarding mereka.

Yuto Horigome lebih dulu naik ke podium kampiun usai memenangi babak final street putra pada Minggu (25/7/2021).

Pada nomor itu, Horigome yang baru berusia 22 tahun berhasil mengalahkan dua skater asal Benua Amerika, Kelvin Hoefler (Brasil) dan Jagger Eaton (Amerika Serikat/AS).

Horigome menyelesaikan babak final yang terdiri dari dua run dan lima trick itu dengan skor paling tinggi, 37,18.

Horigome pun mengukir sejarah dengan menjadi skater pertama yang meraih medali emas Olimpiade dari cabor skateboarding.

Sementara itu, Hoefler berhak atas medali perak setelah mengumpulkan skor 36,15.

Melengkapi podium dan meraih medali perunggu, ada Eaton yang membukukan skor 35,35.

"Saya sangat senang jika saya ternyata bisa menunjukkan sesuatu yang keren dan menyenangkan dari skateboarding melalui performa saya pada Olimpiade," kata Horigome, dikutip dari laman resmi Olimpiade.

"Melalui Olimpiade ini, bukan cuma penggemar skateboarding, tetapi juga orang-orang yang tidak mengetahui skateboarding, saya harap mereka bisa merasakan kesenangan dari olahraga ini. Hal ini berarti untuk saya," tutur Horigome lagi.

Baca Juga: Jadwal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020 - Ahsan/Hendra Jalani Duel Penentu