Kronologi Investigasi Kasus Juventus sejak 2021, dari Terancam Degradasi sampai Dikurangi 15 Poin

By Beri Bagja - Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:15 WIB
Juventus dihukum pengurangan 15 poin di klasemen Liga Italia 2022-2023 akibat didakwa melakukan pelanggaran finansial. (VINCENZO PINTO/AFP)

BOLASPORT.COM - Juventus dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin di klasemen Liga Italia atas dakwaan pelanggaran finansial yang diungkap kepada publik mulai dua tahun lalu.

Keputusan hukuman pengurangan poin untuk Juventus dikeluarkan Pengadilan Banding Federal di Italia pada Jumat (20/1/2023).

Hangusnya 15 angka milik I Bianconeri di klasemen Liga Italia merupakan hasil ketok palu setelah melalui berbagai pertimbangan.

Saat awal-awal kasus dugaan pelanggaran finansial Juventus terkuak, muncul berbagai hipotesis soal jenis sanksi selain pengurangan poin.

Mulai dari larangan klub beraktivitas di bursa transfer, dikeluarkan dari kompetisi Eropa, skors berat bagi para petinggi, hingga yang terparah: ancaman degradasi ke Serie B.

Berikut ini kronologi jatuhnya sanksi bagi Juventus sejak permulaan investigasi yang dilakukan otoritas berwenang di Italia.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Juventus Kena Pengurangan 15 Poin di Liga Italia, Langsung Merosot Tajam ke Papan Tengah 

26 November 2021

- Kasus dugaan pelanggaran Juventus mulai merebak luas setelah dilakukan penggeledahan oleh Guardia di Finanzia (polisi keuangan Italia) di kantor klub.