Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perjuangan Marcus Gideon Comeback, Turunkan Berat Badan dan Adaptasi Pola Permainan Rayhan yang Berusia 19 Tahun

By Delia Mustikasari - Sabtu, 4 November 2023 | 00:21 WIB
Atlet Ganda Putra Bulutangkis Indonesia, Marcus/Rayhan, yang ditemui usai latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2023) (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon, akan comeback mengikuti turnamen dengan partner baru yakni Muhammad Rayhan Nur Fadillah. Rayhan adalah pasangan Rahmat Hidayat sebelumnya.

Kedua pasangan ini masuk daftar tunggu pada China Masters 2023. Marcus/Rayhan berada di urutan kelima, sedangkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat menempati urutan keenam.

Marcus belum bertanding lagi sejak tampil bersama Marcus Fernaldi Gideon pada Singapore Open 2023, Juni.

Saat itu Marcus/Kevin terhenti pada babak kedua dari Hoki/Kobayashi yang dikalahkan Jin Yong pada babak kedua Denmark Open 2023, dengan skor 21-18, 13-21, 21-18.

"Persiapan cukup baik ya. Kemarin baru latihan 2-3 minggu ini setelah lima bulan tidak latihan. Terasa sekali perubahannya. Dari berat badan juga naik banyak, tetapi sekarang sudah lumayan turun setengah," kata Marcus ditemui BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

"Sekarang sudah mulai mengimbangi. Awalnya masih kesulitan karena pemain ganda putra latihan terus dan saya banyak istirahat. Sekarang intinya sudah baik," ujar Marcus.

"Kami sebenarnya sudah daftar untuk China Masters (Super 750), India Super 100 (Guwahati Masters dan Odisha Masters) dan India Super 300 (Syed Modi International). Tetapi, untuk China Masters kami masih masuk daftar tunggu keempat."

"Jadi, tidak tahu apakah kami bisa masuk (China Masters). Tetapi yang pasti India Super 300 dan Super 100. Kami coba kesana," ujar Marcus.

Marcus mengatakan bahwa dia sudah sering berlatih bersama Rayhan yang memilki perbedaan usia 13 tahun ini.

"Latihan bareng sudah lama ya sebenarnya. Sering berputar juga bermainnya. Tadi juga saya latihannya seperti itu (berganti pasangan). Jadi, sudah terbiasa," aku pemain 32 tahun itu.