Kisah Dramatis Valentino Rossi yang Berisiko Tutup Karier MotoGP Lebih Cepat dan Akhirnya Balapan di Indonesia

By Delia Mustikasari - Jumat, 28 Juni 2024 | 04:30 WIB
Valentino Rossi saat naik pdoium runner-up WEC 2024 seri 6 Hours of Imola di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (21/4/2024). (INSTAGRAM/@BMWMOTORSPORT)

BOLASPORT.COM - Karier pembalap Italia, Valentino Rossi, bisa saja terhenti sejak awal, namun bantuan seorang dokter hebat mengubah segalanya. 

Rossi saat ini mengikuti ajang balap ketahanan dunia (WEC) Le Mans 24 jam. Legenda MotoGP, tersebut memulai debutnya di Le Mans bersama WRT di kelas LMGT3.

Ia mengendarai BMW M4 GT3 setelah meraih kemenangan di Circuit de la Sarthe, yakni balapan pendukung Road To Le Mans tahun lalu.

Saat balapan 13 Juni kemarin, kiprahnya terhenti dengan menyedihkan saat berjuang untuk podium.

BMW yang dikendarainya menjadi korban kecelakaan yang melibatkan rekan setimnya, Ahmad Al Harthy.

Bagaimanapun juga, pembalap asal Tavullia tersebut memberikan kesan yang sangat baik, bahkan menunjukkannya di dunia roda empat. 

Pria 45 tahun itu memang masih menjadi protagonis di dunia motorsport saat ini dan wajar saja setelah pensiun di pengujung 2021, MotoGP tak pernah lagi sama.

Setelah bertahun-tahun, kisah dramatis muncul mengenai juara dunia sembilan kali itu yang bisa saja mengakhiri kariernya pada MotoGP sejak awal.

Inilah yang menyelamatkannya dari bahaya besar.

Karier Rossi pada kejuaraan dunia MotoGP dimulai pada 1996 bersama Aprilia di kelas 125cc, kategori yang ia dominasi pada tahun berikutnya.