MotoGP Belanda 2024 - Jadi 'Korban' Batas Tekanan Ban Akibat Kontak Bastianini, Marc Marquez Terima Kemalangan meski Merasa Malu

By Delia Mustikasari - Senin, 1 Juli 2024 | 00:15 WIB
Marc Marquez (Gresini Racing) di garasi balapan MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Gresini, Marc Marquez, mendapat penalti tekanan ban setelah balapan MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024) yang menurunkannya dari posisi ke-4 menjadi ke-10.

Steward mengatakan kepada pemegang delapan kali juara dunia itu bahwa dia menjalankan tekanan ban lebih rendah dari parameter yang disarankan oleh pemasok resmi Michelin sehingga dia mendapat penalti 16 detik.

"Saya berada 0,01 di bawah batas untuk satu putaran. Ya, sayang sekali, tetapi peraturan tetaplah peraturan," kata Marquez dilansir dari The Race.

Kondisi itu erjadi segera setelah kontaknya dengan Enea Bastianini (Ducati) di tikungan 1 dan menyalahkan insiden itu sebagai penyebab penalti. Menurut Marquez, hal itu berarti perubahan aturan diperlukan untuk masa depan.

Penalti tersebut juga membuat Franco Morbidelli (Pramac) ke posisi kesembilan, dengan Marquez mengungguli Jack Miller (Red Bull KTM) di urutan ke-11.

Marquez mengatakan meskipun memalukan" menerima penalti, peraturan tetaplah peraturan

"Satu-satunya hal yang kami diskusikan dengan para pengurus karena alasan itu adalah sedikit tertunda penaltinya. Seperti yang Anda lihat di balapan, saya memulai dengan cara yang baik," tutur Marquez.

"Tetapi tiba-tiba saya melihat ada sesuatu yang aneh di bagian depan dan saya melihat suhu dan tekanan ban sangat rendah."

"Saya lalu biarkan Diggia (Fabio Di Giannantonio) lewat, hanya untuk memeriksa tekanan depan. Dan kemudian saya berada di belakangnya saat balapan."

Baca Juga: MotoGP Belanda 2024 - Marc Marquez Turun ke Posisi 10, Bastianini Tertawa Usai Rusak Perayaan Alien