Honda Resmi Gaet Aleix Espargaro, Tangan Dingin si Kapten Jadi Harapan Kuda Besi yang Kehilangan Harga Diri

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 2 Juli 2024 | 15:05 WIB
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro (kanan), berbicara dengan pembalap Gresini, Marc Marquez, setelah memenangkan sprint MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya, Montmelo, Spanyol, 25 Mei 2024. (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Honda memperkuat upaya mereka untuk keluar dari krisis berkepanjangan di MotoGP dengan merekrut pembalap penguji anyar.

Tak tanggung-tanggung Honda menggaet Aleix Espargaro yang sedang menuju tarian terakhirnya di MotoGP pada akhir musim ini.

Kepastian akan kedatangan El Capitan sebagai test rider diumumkan Honda pada Selasa (2/7/2024).

"Honda Racing Corporation akan memperkuat program pengujian dengan masuknya Aleix Espargaro sebagai pembalap penguji pada 2025," tulis Honda.

"Dengan hampir 250 kali berlomba di kelas utama, pembalap 34 tahun itu memiliki banyak pengalaman dengan motor Grand Prix."

"Dia juga memiliki tiga kemenangan dan lebih dari 1.300 poin di MotoGP."

Espargaro telah menjalani debut di kelas para raja sebagai pembalap pengganti di Pramac pada 2009 lalu tampil semusim penuh pada 2010.

Sempat semusim turun kasta ke Moto2, kakak Pol Espargaro itu kembali berlomba di kelas MotoGP sampai saat ini. Total 14 musim telah dijalaninya.

Baca Juga: Marc Marquez Dicap Gagal Pengamat MotoGP, Akibat Belum Menang dengan Motor Ducati?

Espargaro telah mencicipi berbagai motor dari pabrikan yang berbeda dari Ducati, Suzuki, Aprilia, hingga motor open class/CRT bertenaga Aprilia dan Yamaha.