Ditinggal Pramac, Kekuatan Ducati Berkurang Akibat Cuma Pakai 3 Motor Pabrikan

By Nestri Y - Rabu, 3 Juli 2024 | 09:00 WIB
Dari kiri ke kanan Enea Bastianini, (Ducati), Francesco Bagnaia (Ducati) dan Jorge Martin (Pramac) di podium MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Ducati pastikan hanya akan diperkuat tiga motor spesifikasi pabrikan pada MotoGP 2025 setelah ditinggalkan oleh Pramac yang membela Yamaha.

General Manager Ducati.Gigi Dall'Igna sudah mengonfirmasi bahwa kekuatan skuad Si Merah Borgo Panigale akan sedikit berkurang pada musim depan.

Hal itu disebabkan oleh adanya pengurangan jatah motor Desmosedici GP terbaru yang akan dialokasikan Ducati kepada tim satelit mereka.

Setelah ditinggalkan oleh Prima Pramac yang membela Yamaha, Ducati tidak lagi memasok motor pabrikan secara penuh untuksatu  tim satelit mereka.

Hanya ada satu tambahan motor spesifikasi terbaru di satu tim satelit, yang kemungkinan disiapkan untuk Fermin Aldeguer.

Baca Juga: MotoGP Jerman 2024 - Pilihannya Cuma Menang atau Malu, Marquez Diteror Acosta dan Rekor Ngenes Rossi Sekaligus

Karena berdasarkan kontrak, Ducati mengamankan pembalap Moto2 itu dengan salah satu klausulnya tertulis bahwa Aldeguer akan mendapatkan motor pabrikan meski akan bernaung di tim satelit.

Dengan kata lain, musim depan, Ducati hanya akan diperkuat tiga motor pabrikan, sedangkan tiga motor lainnya adalah motor versi 2024.

"Tujuannya adalah untuk memiliki 3 sepeda motor pabrikan dan 3 motor dari versi tahun sebelumnya," kata Dall'Igna dikutip BolaSport.com dari Paddock-GP.

"Karena menurut kami ini merupakan keseimbangan yang tepat baik dari sudut pandang perkembangan pembalap maupun dari sudut pandang finansial," tandasnya.