Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditawar 364 Miliar, Nyawa Motor Penakluk Rossi dan Marquez Mau Dibangkitkan Kembali ke MotoGP

By Ardhianto Wahyu - Kamis, 8 Agustus 2024 | 10:40 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, saat bersiap-siap untuk balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Austria, 15 Agustus 2021. (WWW.SUZUKI-RACING.COM)

BOLASPORT.COM - Rumor bergabungnya pabrikan anyar yakni BMW ke MotoGP kembali muncul. Kali ini, gosipnya adalah tawaran untuk membeli data dari motor pemenang yang telah hilang.

Motor yang dimaksud adalah Suzuki GSX-RR.

Suzuki GSX-RR menjadi salah satu motor yang paling kompetitif dengan prestasi tertinggi berupa gelar juara dunia pada musim 2020 melalui Joan Mir.

Sejumlah pembalap bertitel juara dunia bolak-balik pun harus rela diasapi oleh joki pabrikan asal Hamamatsu itu dalam persaingan untuk podium teratas.

Sebut saja, Valentino Rossi dan Marc Marquez, masing-masing oleh Alex Rins dalam balapan GP Americas dan GP Inggris pada 2019.

Jurnalis MotoGP yaitu Mat Oxley dalam tulisannya di MotorsportMagazine.com menyebut adanya negosiasi antara Suzuki dan BMW.

BMW ingin membeli semua data motor Suzuki GSX-RR dari beberapa musim terakhir sebelum mereka memutuskan keluar dari MotoGP pada akhir 2022.

Dana sebesar 18 juta poundsterling, atau sekitar 364 miliar rupiah, disiapkan pabrikan otomotif asal Bavaria, Jerman, itu untuk menyegel kesepakatan ini.

Baca Juga: Situasi Honda di Titik Kritis, Semakin Tertekan Jelang Datangnya Bos Besar di Balapan Kandang

Pemilihan Suzuki sebagai referensi bagi BMW untuk membangun motor purwarupa mereka cukup menggelitik.