Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Olimpiade Paris 2024 - Kalahkan Bulu Tangkis, Angkat Besi Tak Pernah Absen Sumbang Medali untuk Indonesia dalam 24 Tahun

By Delia Mustikasari - Jumat, 9 Agustus 2024 | 09:45 WIB
Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah (tengah) saat upacara pemberian medali setelah meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 di kelas 73 kg di South Arena, Paris, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. (NAIF MUHAMMAD AL'AS/NOC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Cabang olahraga angkat besi berhasil pecah telur dengan menyumbang medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Medali emas dipersembahkan lifter putra, Rizki Juniansyah yang turun di kelas 73 kg putra dalam debutnya pada Olimpiade di South Arena, Paris, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Bagi angkat besi Indonesia, ini merupakan medali emas pertama cabang tersebut pada multievent empat tahunan terbesar dunia tersebut.

Meski baru berhasil melakukan terobosan dengan pertama kali menyumbang medali emas, catatan angkat besi lebih konsisten dari Bulu Tangkis yang sudah menghasilkan delapan keping medali emas.

Bulu tangkis absen mendapat medali emas pada Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Paris 2024.

Kiprah angkat besi Indonesia pada Olimpiade dimulai dengan keikutsertaan perdana pada Olimpiade Helsinki, Finlandia,1952.

Saat itu, Indonesia mengirimkan tiga atlet dari tiga cabang olahraga.

Mereka adalah Thio Ging Hwie (angkat besi), Maram Sudarmodi (lompat tinggi), dan Habib Suharko (renang).

Sejak saat itu, Indonesia tak pernah absen mengirimkan atlet di pentas olahraga paling bergengsi ini.

Tradisi medali Olimpiade dari angkat besi dibuka dari trio lifter putri, Raema Lisa Rumbewas (almarhum), Sri Indriyani, dan Winarni pada Olimpiade Sydney 2000.