Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekap Olimpiade Paris 2024 - Pencapaian Tertinggi Selama 32 Tahun, Jangan Khianati Potensi yang Sudah Terbangun

By Ardhianto Wahyu - Minggu, 11 Agustus 2024 | 22:01 WIB
Ekspresi pemanjat Indonesia, Veddriq Leonardo, saat meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8/2024) (FABRICE COFFRINI/AFP)

BOLASPORT.COM - Kiprah Kontingen Indonesia selesai di Olimpiade Paris 2024 dengan hasil 2 keping emas dan 1 keping perunggu. Ini menjadi catatan terbaik selama 32 tahun terakhir.

Indonesia selesai di Olimpiade Paris 2024 seiring rampungnya penampilan atlet angkat besi putri, Nurul Akmal, sebagai wakil terakhir yang bertanding.

Sebanyak 29 atlet yang tersebar ke 12 cabang olahraga dan 25 perlombaan telah menunaikan tugas mereka sejak edisi ke-32 dari pesta olahraga sedunia dimulai pada 24 Juli lalu.

Pengalamannya pun kaya, ada kejayaan tetapi juga ada kepahitan yang mau tidak mau harus dirasakan dalam drama yang terjadi di arena.

Kabar baiknya, sejumlah catatan positif berhasil dihadirkan.

Dua medali emas yang dipersembahkan Veddriq Leonardo dari panjat tebing dan Rizki Juniansyah dari angkat besi menandai harapan baru bagi Indonesia untuk bisa unjuk gigi ke depannya.

Sebab, Merah Putih akhirnya punya cabor potensial emas yang baru di Olimpiade setelah tiga dekade lebih menggantungkan harapan ke bulu tangkis saja.

Mengutip laman Kemenpora, panjat tebing dan angkat besi memang menjadi bagian dari daftar 14 cabang olahraga yang didorong untuk berprestasi dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

Baca Juga: Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 - Kronologi Veddriq Leonardo 'Diculik' Pelatih Sebelum Raih Emas Pertama

Sebab, kedua olahraga ini mengandalkan teknik serta akurasi yang sesuai dengan karakter fisik orang Indonesia.