Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Emilia Romagna 2024 - Mirip Insiden Rossi-Gibernau, Jorge Martin Pikir Manuver Enea Bastianini Agak Berlebihan

By Ardhianto Wahyu - Minggu, 22 September 2024 | 19:57 WIB
Momen pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini, menyalip Jorge Martin dari tim Prima Pramac hingga melebar dalam balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Rimini, Italia, 22 September 2024. (TANGKAPAN LAYAR X.COM @MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Prima Pramac, Jorge Martin, sedikit tidak terima dengan manuver Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang menjadi penentu di balapan MotoGP Emilia Romagna 2024.

Jorge Martin harus gigit jari karena kehilangan posisi pertama pada lap terakhir dari balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Rimini, Italia, Minggu (22/9/2024).

Mampu memimpin hampir di sepanjang balapan, Martin dikudeta Bastianini melalui manuver yang cukup agresif di Tikungan 6.

Bastianini menyelinap melalui ruang sempit di sisi dalam tikungan.

Martin tidak sempat bereaksi karena di saat yagn sama kehilangan kendali motornya yang goyang saat pengereman.

Pada akhirnya, keduanya bersenggolan hingga melebar.

Secara kronologi insiden keduanya menjadi ulangan dari overtake kontroversial yang dilakukan Valentino Rossi terhadap Sete Gibernau pada balapan GP Spanyol 2005.

Bedanya, tak seperti manuver Marc Marquez ke Jorge Lorenzo yang dibuat identik pada 2013 di tempat yang sama, kejadian antara Bastianini dan Martin tak terjadi di tikungan terakhir.

Namun, Martin kadung frustrasi. Dia tidak langsung mengejar dan lebih dahulu menunjukkan gestur tidak terima dengan menggeleng-gelengkan kepala lalu mengangkat tangan.

Baca Juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2024 - Bagnaia Dapat Mimpi Buruk, Bastianini Menggila Dorong Martin Keluar untuk Menang