Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Thailand 2024 - Fabio Quartararo Kecam Serangan 'Bunuh Diri' Murid Valentino Rossi meski Sudah Dapat Permintaan Maaf

By Delia Mustikasari - Senin, 28 Oktober 2024 | 11:30 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo di belakang Jorge Martin (Prima Pramac) pada awal balapan MotoGP Thailand 2024. (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP)

BOLASPORT.COM - Balapan MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Chang, Minggu (27/10/2024) merupakan salah satu drama yang berangsur mereda.

Tetapi, salah satu titik panas utama di awal balapan adalah kontak antara Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang menyebabkan kecelakaan.

Quartararo kembali mengendarai Yamaha M1-nya dan finis di urutan ke-16, sedangkan Morbidelli akhirnya tersingkir di tikungan yang sama saat ia bersenggolan dengan Quartararo.

Mantan murid Valentino Rossi dari Akademi VR46 itu juga menjalani penalti long lap karena berkendara secara tidak bertanggung jawab.

Bagi Quartararo, tindakan yang ia gambarkan sebagai "serangan bunuh diri" oleh Morbidelli di tikungan kedelapan di lap keempat merupakan yang kedua di tikungan itu dalam dua hari yang memengaruhi balapannya.

Pada sprint race MotoGP Thailand 2024, Brad Binder (Red Bull KTM) menempatkannya di trotoar keluar.

"Tikungan kedelapan, saya tidak tahu apa yang saya lakukan di tikungan ini, tetapi dua kali berturut-turut dua orang menendang saya keluar dari balapan," kata Quartararo dilansir dari Crash.

"Kemarin lebih merupakan gerakan yang sangat agresif, tetapi hari ini lebih merupakan serangan bunuh diri. Namun, ini balapan. Sayangnya, kami tidak dapat mengendalikan gerakan dari yang lain."

Quartararo tidak melihat gerakan itu kembali ketika dia berbicara kepada media setelah balapan di Thailand.

Namun, dia bingung dengan apa yang dia lihat sebagai keputusasaan Morbidelli yang nyata untuk menyalipnya.