Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Olimpiade Paris 2024 - Prancis Larang Atletnya Berhijab, IOC Bersikap Lemah

By Nestri Y - Selasa, 16 Juli 2024 | 20:15 WIB
Para peraih medali taekwondo di Olimpiade Rio 2016, (ki-ka) Eva Calvo Gomez (Spanyol), Jade Jones Britania Raya), and Kimia Alizadeh Zenoorin (Iran) dan Hedaya Wahba (Mesir) di kategori -57kg putri.
KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP
Para peraih medali taekwondo di Olimpiade Rio 2016, (ki-ka) Eva Calvo Gomez (Spanyol), Jade Jones Britania Raya), and Kimia Alizadeh Zenoorin (Iran) dan Hedaya Wahba (Mesir) di kategori -57kg putri.

BOLASPORT.COM - Tidak dicabutnya keputusan Prancis yang melarang atlet muslimah mereka sendiri untuk berhijab saat tampil di Olimpiade Paris 2024 diperparah dengan sikap IOC yang lemah dan tak mau terlibat

Persoalan Prancis yang melarang atletnya berhijab pada Olimpiade Paris 2024 masih terus menggema.

Banyak yang mungkin tidak sadar, bahwa sejak tahun lalu, Prancis telah mengeluarkan keputusan bahwa mereka melarang para atlet perempuan mengenakan hijab atau sejenis penutup kepala apapun pada pesta olahraga terbesar empat tahunan tersebut.

Dengan kata lain, para atlet muslimah Prancis yang mengenakan hijab, mau tidak mau harus merelakan mimpinya untuk mentas di ajang bergengsi tersebut.

"Sedih sekali, ini hal memalukan yang terjadi di tahun 2024 sekarang ini, dengan menghalangi mimpi-mimpi (para atlet) hanya karena sehelai kain," ucap seorang wanita yang disamarkan namanya, pada Amnesty Intetnational.org.

Baca Juga: Christian Adinata Akhirnya Operasi Lutut, PBSI Upayakan Permohonan Orang Tua Agar CA Tetap Berprestasi

Di Prancis, atlet perempuan muslim dilarang mengenakan penutup kepala dalam bentuk apapun.

Bahkan tidak hanya berlaku di Olimpiade, tetapi larangan hijab ini juga di level olahraga di beberapa cabang seperti sepak bola, basket, voli, baik di tingkat profesional maupun amatir.

Salah satu pebasket putri Prancis yang sekarang berhijab, Helene Ba, mengaku sangat kecewa dan mentalnya terpengaruh.

Dia sudah tidak diperbolehkan berkompetisi sejak Oktober 2023.


Editor : Agung Kurniawan
Sumber : ouest-france.fr
REKOMENDASI HARI INI

Nyaris Cetak Gol, Jay Idzes Dapat Pujian Setinggi Langit dari Pelatih Venezia

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Klasemen

Close Ads X