Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sejarah Hari Ini, Alex Ferguson Jadi Manajer Manchester United

By Dimas Wahyu Indrajaya - Senin, 6 November 2017 | 10:08 WIB
Sir Alex Ferguson, ketika menjadi manajer Manchester United. Dia merayakan juara Premier League saat Man United menjamu Swansea City di Old Trafford, Manchester, Inggris, 12 Mei 2013. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Kamis, 6 November 1986 menjadi tonggak sejarah baru Manchester United di kancah sepak bola Inggris maupun internasional.

Karena pada tanggal tersebut mantan pelatih kenamaan mereka, Alex Ferguson resmi menduduki kursi pelatih.

Pria kelahiran Glasgow, Skotlandia, 31 Desember 1941, menggantikan Ron Atkinson yang telah menyumbang dua gelar Piala FA dan Charity Shield (sekarang Community Shield) bagi MU.

Dilatih Ron Atkinson, saat itu Manchester United sedang dalam posisi tak nyaman karena menduduki peringkat ke-21 di klasemen sementara Liga Inggris divisi utama.

(Baca juga: Calon Pemain Liverpool Didakwa Palsukan SIM)

Atkinson sendiri cukup populer bagi pendukung MU pada era itu, karena menjadi manajer tersukses setelah pelatih legendaris Sir Matt Busby.


Sir Alex Ferguson ditunjuk menjadi pelatih Manchester United di awal November 1986 dan menjalani karier yang tak mulus di empat musim awal.(INDEPENDENT.CO.UK)

Namun, bayang-bayang degradasi pada tahun 1974 menghantui petinggi MU, apalagi klub berjuluk Setan Merah tak pernah menjuarai Liga Inggris sejak 1967.

Presiden MU kala itu, Martin Edwards, pun merasa berat hati memecat Atkinson karena sulit mencapnya pelatih gagal.

"Sangat sulit mengatakannya kepada Ron, karena ia tidak gagal dan menunjukkan rasa antusias, dan tidak mudah mengatakan padanya untuk angkat kaki," ucap Edwards dikutip BolaSport dari laman resmi MU.