Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jangan Takut, Emas Veddriq dan Rizki serta Perunggu Jorji Bebas Pajak Bea Cukai

By Taufik Batubara - Jumat, 9 Agustus 2024 | 18:02 WIB
Rizki Juniansyah memperlihatkan medali emasnya seusai memenangi final angkat besi kelas 73 kg di Olimpiade Paris 2024. (MIGUEL MEDINA/AFP)

Poin-poin Penting

  • Meski ada aturan Bea Cukai, tapi Veddriq, Rizki, dan Jorji takkan dikenai pajak saat membawa pulang medali mereka ke Indonesia.
  • Indonesia sudah mengumpulkan 2 emas dan 1 perunggu di Olimpiade Paris 2024.

JUARA.NET - Keberhasilan Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah meraih emas serta Gregoria Mariska Tunjung dengan perunggunya tak hanya menuai ucapan selamat, tetapi juga peringatan tentang pungutan atau pajak ketika medali-medali berharga itu masuk ke Indonesia.

Veddriq merebut medali emas Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga (cabor) nomor kecepatan (speed) putra pada 8 Agustus.

Dia mengukir waktu terbaik 4,75 detik mengalahkan Wu Peng dari China 4,77 detik.

Nomor speed baru pertama kali dilombakan di Olimpiade.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 hanya ada nomor combine, gabungan tiga nomor utama yang sangat berbeda karakternya, yaitu speeed, lead, dan boulder.

Dengan gabungan itu, mengutip penjelasan Federasi Panjat Tebing Indonesia, setiap atlet harus memainkan ketiga nomor tersebut dan meraih hasil terbaik untuk meraih juara.

Nomor combine tersebut juga baru pertama kali digelar di Olimpiade.

Baca Juga: Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 - Emas Veddriq Leonardo Buah Manis Latihan dengan Kayu Sisa dan Kesabaran 3 Tahun Tak Kunjung Bisa Lomba

Jadi, prestasi ini merupakan serba pertama bagi Indonesia, yakni nomor pertama dilombakan di Olimpiade serta emas pertama yang dimenangi Indonesia dan Veddriq dari panjat tebing.